Just another free Blogger theme

Senin, 09 Desember 2013

Cavetubing hampir sama dengan rafting. Jika rafting (arung jeram) adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cavetubing adalah kegiatan menyusuri gua menggunakan ban dalam. Saat ini Goa Pindul merupakan icon cavetubing yang berlokasi di Gunung Kidul Jawa Tengah. Tak heran jika Goa Pindul selalu ramai dikunjungi khususnya pada masa liburan selain itu karena aliran air di Gua Pindul ini sangat tenang sehingga cavetubing di Gua Pindul aman dilakukan oleh pemula maupun anak kecil bahkan lanjut usia.

Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. 

Di zona terang, kedalaman air hanya sekitar 3-5 meter. Disini kita masih bisa melihat dengan jelas stalaktit dan stalakmit yang ada di gua Pindul. Banyak batu-batu stalagmit dan stalaktit yang masih aktif, artinya tetesan air kapur masih terus membentuk tiang-tiang yang lebih panjang di kemudian hari.

Di zona berikutnya, zona remang-remang, kedalaman air akan bertambah. Suhu sepertinya agak sedikit turun karena kita akan merasakan hawa yang lebih sejuk. 

Selanjutnya Zona gelap banyak sekali kelalawar hidup di antara bermacam jenis batuan yang ada di Gua ini. Disini ada salah satu batu stalagtit yang terkenal dinamai batu gong, karena kalau dipukul suaranya memang seperti gong.

Mengingat air di goa Pindul sangat tenang waktu tempuh untuk menyusuri goa tersebut adalah sekitar 45 menit.

Ayo cave tubing Goa Pindul bareng temen-temen....... tambah seru deh..



 Hubungi kami untuk informasi paket wisata Jogjakarta + Cave Tubing Goa Pindul
* photo-photo, Dewan Guru SD 02 Cibubur


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com